DERETAN FILM KARYA ANAK BANGSA YANG DIKENAL DUNIA

Ngomongin soal film, film-film yang berasal dari Hollywood mungkin bakal merajai seluruh film yang ada di dunia. Tapi gak Cuma film-film Hollywood saja yang bisa sukses mendunia, beberapa film Indonesai pun sudah ada yang mendapat apresiasi oleh dunia. Film-film karya anak bangsa Indonesia ini telah banyak mendapat respon positif dari negara luar dan mendapatkan beberapa penghargaan bergensi dunia.

Mau tau film-film apa karya anak bangsa apa saja yang sudah mendunia?

 

1.Tjoet Nja’ Dhien

Film karya anak bangsa ini dirilis pada tahun 1988 yang diangkat dari kisah nyata seorang pahlawan perempuan bernama Cut Nyak Dien. Aktris dan aktor yang bermain di film ini yaitu Christine Haki dan Selamet Raharjo. Film Cut Nyak Dien menjadi film pertama dari Indonesia yang di putar dalam festival film di Prancis tahun 1989 dan mendapat penghargaan sebagai The Best International Film.

Film Tjoet Nja Dhien juga menjadi perwakilan dari negara Indonesia pada Oscar Best Foreign Language Film. Film ini pun berhasil membawa 8 piala citra di ajang FFI 1988. Bangga gak sih memiliki anak bangsa yang hebat?

 

2.Daun Di Atas Bantal

Film selanjutnya yaitu menceritakan tentang realita kehidupan 4 anak jalanan di Kota Yogyakarta. Film ini juga penuh dengan dramatis dan artistic yang membuat penontonnya bisa turut serta dalam film tersebut. Daun Di Atas Bantal ini memang layak mendapatkan beberapa penghargaan dan sudah banyak diputar di beberapa festival film seperti di Taiwan, Singapore dan Jepang.

 

3.Rumah Dara Macabre

Lalu ada film yang berjudul Rumah Dara Macabre dimana menceritakan tentang sekelompok remaja yang terjebak di suatu rumah miliki wanita misterius bernama dara. Gak nyangka kan bahwa film Indonesia yang bergenre horror ini bisa sampai ke mancanegara, pasalnya dirilis juga di Amerika, Swedia, Prancis, Jepang, dan Belanda.

 

4.Senyap The Look of Silence

Kemudian film selanjutnya yang hingga keluar negeri berjudul ‘Senyap The Look of Silence’ pernah menjadi nominasi dari New York Festival, Toronto International Film Festival, Telluride Film Festival dan pernah menang dalam Vinice 2014, juga pernah masuk dalam Oscar menjadi film documenter terbaik, menceritakan tentang film documenter dari kejahatan genosida yang telah terjadi di Indonesia pada 1965. Film Senyap pun disebut sebagai pencapaian tertinggi anak bangsa dalam Academy Awards.

Sayangnya film ini sempat diberhentikan pemutarannya di Indonesia oleh organisasi masyarakat karena beberapa alasan tertentu. Selain Oscar pun, Senyap sempat berada di Berlin Film Festival, Busan Film Festival dan terdapat kurang lebih 70 penghargaan lainnya.

 

5.Laskar Pelangi

Sebagian besar masyarakat Indonesia telah menonton Laskar Pelangi. Film yang satu ini juga telah mendunia dan mendapat penghargaan Internasional. Laskar Pelangi juga pernah diputar di Spanyol, Italia, Hongkong, Singpore, Amerika, Portugal, dan beberapa negara lainnya yang ikut serta menangyangkan film yang menceritakan sebuah mimpi 10 orang anak yang hidup di desa yang bisa menginspirasi banyak orang.

 

6.The Raid

Terakhir ada film The Raid yang menjadi satu-satunya film yang masuk dalam Box Office Amerika Serikat. Film ini juga masuk kedalam urutan 11 dalam film yang banyak di tonton di bioskop Amerika. Film ini juga mendapatkan respon yang baik di Australia dan Canada. Di dalam film The Raid pun berhasil memperkenalkan olahraga bela diri asal Indonesia yaitu Pencak Silat. Film ini pun sudah sukses meraih 3 penghargaan bergengsi di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *